RSS

jenis-jenis sistem dalam termodinamika

Dalam termodinamika, obyek yang sedang kita kaji dan evaluasi biasa disebut sebagai sistem. Batas (boundary) adalah yang menjadi sekat antara sistem dan sekitarnya (surroundings). Ada dua jenis sistem: 1. sistem tertutup, disebut juga control mass, 2. sistem terbuka, lebih sering disebut sebagai control volume.
Pada sistem tertutup, massa tidak bisa keluar masuk batas. Meski demikian, energi bisa saja keluar masuk batas. Contoh sistem tertutup adalah udara yang dilingkupi oleh sebuah tabung tertutup. Batas pada sistem tertutup tidak selalu harus fixed. Bisa saja batas pada sebuah sistem tertutup berubah-ubah (moving). Contohnya: udara pada silinder berpiston dimana pistonnya bisa bergerak didalam silinder.
closed-system
closed-system-with-moving-boundary
Adapun control volume biasanya memiliki dua batas: batas riil (real boundary) dan batas imajiner (imaginary boundary). Pada sebuah control volume, massa bisa keluar dan/atau masuk batas sistem. Contoh control volume adalah silinder yang terhubung dengan pipa masuk dan pipa keluar. Contoh lainnya misalnya sebuah nosel yang memiliki saluran masuk dan saluran keluar.
control-volume-1
control-volume-2
Source: Y. A. Cengel and M. A. Boles. Thermodynamics, An Engineering Approach. 5th Edition

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar